Sabtu, 12 September 2015

Cara Mengetahui Status Hewan Terancam Punah

Hai, kamu yang peduli sama lingkunganmu!
Jujur saya bangga pada orang yang baca artikel ini, tandanya peduli dengan lingkungan dan ekosistem kan? Iya, makanya saya bangga. hehe
Disini saya akan mengarahkan teman-teman yang pengen tau banget hewan-hewan atau tumbuhan-tumbuhan yang memang butuh bahkan harus dikonservasi untuk menjaga keanekaragaman flora fauna. Situsnya bernama Redlist IUCN. Situs ini sangat komplit, flora dan fauna yang masuk ke beberapa kategori redlist ada di sini. Coba di Klik situsnya ya.


Nah, di sana ada banyak menu, bisa dicoba-coba untuk menunya. Kalau mau tau sejarahnya, bisa di klik About.
Ada beberapa status dalam redlist  yaitu:
1. Least concern              : Paling tidak mengkhawatirkan; 
2. Near threated               : Hampir terancam; 
3. Vulnerable                   : Rentan
4. Endangered                  : Terancam punah
5. Critically Endangered : Sangat terancam punah
6. Extinct in the wild       : Punah di alam liar (hanya ada di tempat konservasi atau kebun binatang)
7. Extinct                         : Punah (hikss T,T)
Pilih salah satu status yang kamu ingin tau dan langsung muncul semua spesies didunia yang berada dalam status tersebut. Bisa juga masukkan nama spesies yang kamu ingin statusnya di search bar bagian atas. Kamu bisa ketik nama ilmiahnya atau nama dalam bahasa inggrisnya lalu tekan Go.
Atau mau yang langsung spesifik? 
1. klik Other Search Option, setelah itu di bagian kiri, bisa dipilih kriterianya berdasarkan taksonomi, lokasi, habitat, faktor kepunahan, dll. (Dalam hal ini kita coba lihat yang di Indonesia)
2. Pilih Land... kalau kamu mau yang di darat (termasuk ikan air tawar), atau bisa pilih Marine... untuk tau hewan redlist di Laut (lokasi berdasarkan samudra). Nah, kita mau coba yang di Indonesia nih lalu klik bagian plus (+) di bagian kiri teks Land atau Marine. 
3. Muncul beberapa list lagi seperti di bawah. Klik plus (+) lagi di bagian kiri South & Southeast Asia (Asia Tenggara) 
lalu akan muncul seperti ini:
4. Centang di bagian kiri teks Indonesia
5. Tekan tanda panah ke kanan untuk memasukkan kriteria Indonesia Search Criteria. (Di gambar ini menunjukkan kriteria pencarian Native atau asli diketahui, lokasi Land atau darat, kategori redlist Vulnerable atau rentan, dan tahun). Pencarian akan lebih nyaman kalau kamu bersihkan dulu kriteria pencariannya di Clear all criteria bagian kiri atas. Jangan lupa kalau kamu mau masukkan beberapa kriteria lagi, bisa kamu pilih di jajaran sebelah kiri ada pencarian menurut habitat, menurut faktor kepunahan, dll.
6. Klik Run search, lalu akan muncul banyak flora fauna yang termasuk redlist search criteria-mu.

Masih ada tuh Explore refine your search bellow di bagian kiri kalau kamu mau tambahkan kriteria pencarian lagi.

Sudah cukup kan? boleh banget kalau mau kepo-kepoin situs yang bagus itu untuk lebih buat kita mencintai bumi. Sekian, makasih, salam lestari :)

2 komentar:

Do leave a comment. Thanks...